Selasa, 07 Juni 2011

Facebook Sebagai Sarana Ilmu dan Kinerja PR

  • Latar Belakang
            Dari tahun ke tahun Public Relations (PR) mengalami perubahan sangat besar terhadap sosial media yang berkembang di Era Globalisasi ini. Sesuai perkembangan social media PR lebih mudah dalam menyelesaikan masalah perusahaan. Dimana suatu PR memasang strategi dalam memecahkan masalah perusahaan dengan  menggunakan media yang ada seperti media cetak (Koran), Elektronik (Televisi) dan Online (Internet). Mungkin disisi lain PR dalam perusahaan masih banyak memakai strategi secara komunikasi, atau menghadapi suatu masalah dengan terbuka dan tidak melalui media yang ada sekarang ini. Namun perkembangan media semakin global, maka public relations akan mengalami perubahan yaitu dituntut untuk serba cepat dan praktis oleh karena itu perkembangan media social menjadi strategi PR untuk mengiklankan perusahaan dengan efektif dan efesien.


            Dalam realita yang ada, PR adalah sebvuah profesi yang mempunyai peran serta strategi yang luas dalam permasalahan perusahaan dan ilmu PR, dimana suatau perusahaan atau badan apapun bisa memecahkan suatu masalah dengan tenaga ilmu PR yang bekerja sama dengan media sosial yang berkembang sekarang dan bahkan terpopuler yaitu Facebook. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang dapat digunakan untuk bertukar informasi satu sama lain. Dalam suatu perusahaan ini dapat digunakan oleh orang (konsumen) untuk menyampaikan pendapatnya dengan bebas mengenai pelayanan akan kualitas dari suatu produk oleh produsen. Bila praktisi PR gagal membendung hal ini maka citra perusahaan dapat hancur dengan sendrinya karena kekuatan dari media sosial sangat luar biasa. Informasi akan menyebar dengan cepat dan pihak lain akan dengan cepat pula mendapatkan informasi tersebut sehingga secara tidak langsung mendapat banyak dukungan dari orang-orang yang telah membaca informasi tersebut. Untuk itu PR zaman sekarang haruslah mulai mengenal teknologi media sosial.


  • Pembahasan
          Kita telah mengetahui situs jejaring sosial facebook sejak pertama dilncurkan dan berkembang dengan sangat pesat hingga sekarang, bahkan penggunanya menduduki peringkat pertama terbanyak di dunia. Dalam jejaring ini seseorang atapun masyarakat dapat berkomunikasi secara lebih efisien dengan teman-teman, keluarga dan teman kerja. Situs facebook mempunyai keistimewaan dimana seseorang dapat memberikan pesan kepada orang lain dengan sangat mudah, layaknya SMS namun disertai dengan berbagai fitur menarik. Disini memungkinkan seseorang mendapatkan atau bertukar informasi-informasi penting kepada orang lain dengan sangat mudah. Informasi itu entah berupa file, gambar, video dan sebagainya. Sesuai realita yang ada, perusahaan memanfaatkan tenaga PR utnuk mempromosikan atau memecahkan sebuah permasalahan melalui situs facebook dan hal ini dapat membuat konsumen terhipnotis dengan apa yang disampaikan oleh PR mengenai bisnis dalam perusahaan. Melihat potensi yang ada, kini situs facebook banyak digunakan sebagai ajang komunikasi dalam bisnis bagi perusahaan maupun industri kecil yang ada di Indonesia. Facebook membantu mengkoneksikan bisnisnya secara cepat, efisien, praktis dan murah.

            Tidak hanya untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi, namun facebook juga memiliki beberapa  manfaat yang sangat terasa dalam kehidupan modern ini.
  1. Mendapatkan teman baru bukan hanya dari dalam negeri saja namun juga bisa berteman dengan orang yang berasal dari negara luar. 
  2. Tempat jual beli layaknya pasar.
  3. Tempat promosi.
  4.   Tempat diskusi.
  5. Tempat mencari dukungan seperti kampanye dan lainnya.
Dan yang sedang dibahas adalah tempat dimana suatu PR melontarkan sebuah solusi terhadap permasalahan dalam perusahaan, mempromosikan, membujuk, dan melayani konsumen.
Sesuai perkembangannya dalam dunia facebook yaitu bertujuan untuk memudahkan cara berkomunikasiantar pengguna, hal seperti ini tidak hanya dilakukan tidaka hanya didalam negara saja namun ke berbagai negara luar guna menjalin kerjasama. Kerjasama yang terjalin tersebut dimaksudkan untuk saling membantu permasalahan yang dihadapi. Ketika seorang praktisi PR dari suatu negara menghadapi masalah yang belum pernah dihadapinya, maka praktisis tersebut akan menggunakan facebook untuk mencari informasi strategi pemecahan masalah yang tengah dialaminya yang kemungkinan pernah terjadi di negara lain sehingga praktisi PR dapat meminta saran, tips, atau bahkan solusi dari praktisi pihak negara lain yang pernah menghadapi masalah yang sama sperti yang dialaminya.

            Selain dari manfaat, facebook juga memiliki pengaruh terhadap PR. Jadi efek dari perkembangan facebook itu sendiri salah satunya misalkan suatu PR mengalami kesulitan dalam menghadiri pertemuan antar perusahaan satu dengan lainnya, maka cara yang praktis dalam kinerja PR yaitu menyampaikan pendapatnya mengenai apa yang akan atau tengah diperbincangkan tentang perusahaan tersebut. Facebook dianggap merupakan sarana yang sangat praktis dan mudah dan bahkan dapat digunakan sebagai senjata dalam kinerja PR untuk membujuk konsumen dan menarik perhatian konsumen. Itu semua merupakan cara dari suatu kinerja PR dalam memanfaatkan jejaring media sosial Facebook. Diawali dengan hal kecil yaitu membuat status tentang kemajuan suatu perusahaan dan perkembangannya dalam dunia usaha. Lalu mempromosikan tentang produk yang dikelola oleh perusahaan tersebut dan yang terakhir melayani konsumen dengan memanfaatkan jejaring facebook dan membuka stan jual beli barang lewat facebook dengan melalui kesepakatan antara produsen dan konsumen. Hal ini merupakan salah satu langkah jitu PR dalam memperoleh banyak konsumen serta dukungan kepada perusahaan yang ditanganinya hingga membangun citra perusahaan sebagai perusahaan yang hebat dan terkenal.


  • Penutup
            Sesuai perkembangan zaman, facebook berubah fungsi dari jejaring sosial dan hiburan menjadi ajang komunikasi bisnis antar perusahaan ataupun industri kecil lainnya. Keberadaan facebook membawa perubahan yang sangat besar terhadap perusahaan, dimana facebook mempermudahkan PR dalam mempromosikan bisnisnya secara cepat, efisien, praktis dan murah. Dalam pemikiran PR keefektifan facebook itu sendiri sangat tinggi karena facebook juga merupakan senjata dari PR perusahaan, karena kinerja PR dalam mendapatkan pandangan baik dan menarik perhatian dari konsumen adalah efek dari facebook. Mengawali hal yang terkecil dulu hingga akhirnya menjadi besar dan terbentuk citra yang baik adalah tujuan PR untuk memajukan perusahaannya. Perusahaan yang maju tentu saja menarik perusahaan-perusahaan lainnya untuk menjalin kerjasama bisnis guna memperoleh keuntungan dan lain sebagainya. Jadi, itu semua adalah efek-efek perkembangan facebook terhadap kinerja PR.


Sumber:
Prof.Dr.Drs Setyodarmodjo Soenarko,MPA. Januari 1997 Public Relations, pengertian, fungsi dan peranan Surabaya Papyrus Surabaya Jl.semolowaru Indah, Blok 1-15 Surabaya, 60119.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar